Rabu, 14 Januari 2009

Catetan Ms. Access

III. FORM

Digunakan untuk menampilkan, mengedit, menghapus atau menambahkan data.
Langkah-langkah membuat form :
-Klik Form
-Pilih New
-Pilih design View
-Pilih nama tabel atau nama query yang akawn dibuat formnya.
-Ok
-Pindahkan semua naqma field kebagian Detail dawn rapikan
-Tampilkan Form header melalui View pada menu bar dan pilih form headeer/footer.
-Buatlah judul form pada bagian form header dengan menggunakan icon Aa (label) dan format tulisannya.
-Berilah warna dan boleh ditambahkan keterangan pada form footer serta simpan formnya.

IV. Report

Digunakan untuk membuat laporean sehingga dapat dilihat keseluruhannya dalam bentuk printan/cdtakan.
Langkah-langkah membuat report.
-Klik Report
-Pilih New
Pilih design View
-Pilih nama tabel atau nama query yang akan dibuat formnya.
-Ok
-Pindahkan semua nama field kebagian Detail, kotak field sebgian kiri dihapus untuk membuat bentuk laporan secara perkolom dan yang sebelah kanan dirapikan semuanya.
-Buatlah judul field menggunakan icon Aa (label) pada bagian Page header
-Tampilkan Report header melalui View pada menu bar dan pilih form header/footer.
-Buatlah judul Report pada sebagian Report header dengan menggunakan icon Aa (label) dan format tulisannya.
-Berilah warna dan boleh ditambahkan keterangan pada report footer serta simpan Reportnya.


Tidak ada komentar: